Penjelasan Tentang Struktur HTML dan Tag HTML Beserta Contoh dan Penjelasannya

PENJELASAN STRUKTUR HTML

Struktur dasar HTML merupakan struktur yang sering digunakan dalam setiap penilusan file HTML. Penulisan struktur HTML pun harus berurutan atau sesuai dengan standar. Struktur HTML itu sendiri terdapat tag-tag HTML didalamnya. Langsung saja ke contoh struktur nya.

Struktur Dasar HTML
Pengertian Fungsi struktur diatas :

Pada baris pertama yaitu <!DOCTIPE html>, berfungsi untuk memberi tahu browser bahwa file tersebut adalah file html. Pada baris ke dua terdapat tag pembuka HTML yaitu <HTML> dan  baris ke 9 merupakan tag penutup dari HTML yaitu </HTML>, tag ini merupakan wadah dari semua tag html yang akan ditulis, atau ketuka kamu akan menulis tag HTML lain harus berada dudalam tag HTML ini.

Pada baris ke tiga terdapat tag <head> dan </head>, berfungsi untuk menyimpan berbagai informasi yang ada atau digunakan dalam file HTML tersebut, seperti meta, tittle, script dll. Pada baris ke empat terdapat tag <tittle> dan </tittle> yang berfungsi untuk menampilkan teks judul atau lainnya ke tab bar pada browser anda.

Pada baris ke enam terdapat tag <body> dan pada baris ke delapan terdapat tag </body> yang berfungsi sebagai badan dari struktur HTML itu sendiri dan yang akan ditampilkan ke browser anda. Itulah penjelasan sedikit mengenai struktur HTML.

CONTOH DAN PENJELASAN TAG HTML

Tag berfungsi untuk memberi tahu kepada browser untuk apa sebuah text tersebut, apakah text itu di tulis sebagai paragraf atau list dan juga sebagai link. Tag HTML di lengkapi dengan tag pembuka dan penutup, misalnya tag <strong> sebagai pembuka dan </strong> sebagai penutup, oke langsung saja ke contoh dan penjelasan masing-masing tag HTML.

Penjelasan Masing-Masing Tag HTML

1.1.   Tag-tag HTML

1.     Elemen

Elemen HTML biasanya terdiri dari tag awal dan tag akhir, dengan konten disisipkan di antara : <tagname> Konten disini </tag name>

2.     Atribut

Semua elemen HTML dapat memiliki atribut.
Atribut memberikan informasi tambahan tentang suatu elemen.
Atribut selalu ditentukan dalam tag awal.
Atribut biasanya datang dalam pasangan nama / nilai seperti : name = ”value”.

3.      Heading
     Heading adalah tek yang digunakan untuk judul disefinisikan dengan tag <h1>  atau<h6>. <h1> mendefisikan heading paling penting. <h6> mendefisikan heading paling tidak penting. 
4.      PARAGRAPHS
Paragraphs biasanya untuk membuat paragraf, dengan catatan browsersecara otomatis menambahkan beberapa spasi putih (margin) sebelum dan sesudah paragraph. Contoh <p> taruh paragraph disini</p>. 
5.      HTML STYLE
Style atau gaya guna untuk mengatur gaya element HTML, dapat dilakukan dengan style atribut. Contoh <tagname style="property:value;"> 
6.      HTML FORMATTING

Formating atau pemformatan digunakan untuk mendefinisikan elemen khusus untuk teks, beberapa diantaranya pembuatan Teks Tebal, Teks Miring, Teks Kecil, Teks mark, Teks del, Teks ins, Teks sub, Teks sup.

7.      COMMENTS
Digunakan untuk untuk menandai sebuah kode jika terjadi kelasahan atau bisa digunakan debugging HTML, dapat mengomentari baris kode HTML. Catatan komentar tidak ditampilkan oleh browser. 
8.      COLORS
     Warna HTML ditentukan menggunakan nama warna yang telah ditentukan, atau nilai RGB, HEX, HSL, RGBA, HSLA. HTML mendukung 140 warna standar.
9.      LINKS
     HTML links adalah sebuah hyperlink, dimana link tersebut dapat diklik dan menuju ke document lainnya atau mengarahkan ke halaman lainnya. Ketika cursor mouse diarahkan ke sebuah link, cursor akan berubah menjadi bentuk sebuah tangan yang menujuk. Link tidak hanya terdapat di sebuah text, melainkan sebuah gambar atau tag HTML lainnya. 
10.  IMAGES
     Tag HTML image digunakan untuk memasukan gambar ke dalam dokumen atau halaman HTML. Gambar didalam sebuah dokumen HTML tidak dimasukkan sepenuhnya pada file (.html, misalnya) akan tetapi, hanya merujukkan file sumber gambar tersebut berada (disimpan). 
11.  TABLES

Tag HTML tables merepresentasikan data dengan lebih dari satu dimensi dalam bentuk sebuah tabel (table).Tabel (Table) adalah sebuah data tabular dalam bentuk grid yang terdiri dari kolom (column), baris (row) dan cell yang merupakan pertemuan antara kolom dan baris.

12.  LISTS
     Tag HTML lists digunakan untuk menampilkan sebuah text yang diurutkan baik itu pengurutnya berupa nomer atau sebuah simbol. Tag ini terdapat macam-macam elemet tidak berurutan<ul> dan berurutan<li>. 
13.  UNORDERED LIST
     Tag HTML list yang tidak berurutan digunakan untuk mengurutkan text berupa simbol<ul>, Item daftar akan ditandai dengan peluru (lingkaran hitam kecil) secara default. 
14.  ORDERED LIST
     Tag HTML list yang berurutan<li> digunakan untuk mengurutkan daftar text secara default berupa angka. 
15.  DEFINITION LIST

Tag HTML Daftar deskripsi adalah daftar istilah, dengan deskripsi setiap istilah. The <dl>tag mendefinisikan daftar deskripsi, yang <dt>tag mendefinisikan istilah (nama), dan <dd> tag menjelaskan setiap istilah.

16.  NESTED LIST

Tag HTML Daftar dapat disarangkan (daftar di dalam daftar). Item daftar dapat berisi daftar baru, dan elemen HTML lainnya, seperti gambar dan tautan, dll.

17.  IFRAMES
     Digunakan untuk menampilkan halaman website lain kedalam suatu website. 
18.  JAVASCRIPT
     Adalah sebuah kode yang berfungsi untuk meningkatkan loading time pada suatu website. 
19.  FILE PATHS
     Digunakan untuk menjelaskan jalur atau lokasi fila gambar yang akan di upload ke suatu website. 
20.  HEAD
     Adalah sebuah tag html yang digunakan untuk tempat menaruh tittle, java script, dll. 
21.  LAYOUT
     Layout adalah proses penataan dan pengaturan teks atau grafik pada halaman yang meliputi pembagian tempat dalam suatu halaman, pengaturan jarak spasi, dll. 
22.  RESPONSIVE
     Berfungsi untuk membuat layout suatu website dapat menyesuaikan diri dengan berbagai ukuran device pengguna.  
23.  COMPUTERCODE
Untuk menginputkan keyboard. <kbd>Elemen HTML mewakili input pengguna, seperti input keyboard atau perintah suara. Teks yang dikelilingi oleh <kbd>tag biasanya ditampilkan di font default monospace browser.

24.  ENTITIES
     Entitas karakter digunakan untuk menampilkan karakter yang dipesan dalam HTML. 
25.  SYMBOL
     Adalah sebuah tag html yang berfungsi untuk memberikan symbol pada suatu kata berupa bentuk-bentuk unik atau lainnya. 
26.  CHARSET
     Sebuah script yang berfungsi untuk mempermudah google untuk mengidentifikasi seluruh kontenyang ada pada suatu website tersebut. 
27.  Character Set ASCII
ASCII adalah singkatan dari "American Standard Code for Information Interchange". Ini dirancang pada awal 60-an, sebagai set karakter standar untuk komputer dan perangkat elektronik. ASCII adalah set karakter 7-bit yang mengandung 128 karakter. Ini berisi angka-angka dari 0-9, huruf Inggris huruf besar dan kecil dari A sampai Z, dan beberapa karakter khusus. Kumpulan karakter yang digunakan dalam komputer modern, dalam HTML, dan di Internet, semuanya didasarkan pada ASCII. 
28.  Character Set Latin-1 atau ISO/IEC 8859-1

ISO-8859-1 adalah karakter default dalam HTML 4.01. ISO (Organisasi Standar Internasional) mendefinisikan set karakter standar untuk berbagai abjad / bahasa. Bagian pertama ISO-8859-1 (nomor entitas dari 0-127) adalah rangkaian karakter ASCII asli. Ini berisi angka, huruf besar dan huruf kecil bahasa Inggris, dan beberapa karakter khusus.

29.  Character Set UTF-16 dan UCS-2
     UTF-16 atau disebut juga Extended UCS-2 merupakan sistem variable length encoding yang berarti setiap code point (kode yang mencerminkan suatu karakter) di encode menggunakan satu atau dua kali 16-bit (1 code unit = 16 bit). 
30.  Character Set UTF-32 dan UCS-4
     UTF-32 merupakan alternatif dari UTF-16, jika pada UTF-16 terdapat penggunaan sistem doubel 16 bit (untuk karakter ke 65.535 keatas), UTF-32 menggunakan fixed – width encoding, dengan base 32 bit (1 code unit = 32 bit), dimana semua karakter disimpan menggunakan sistem 32 bit encoding. Angka 32 pada UTF berarti 32bit dan 4 pada UCS berarti 4byte, yang dapat diartikan bahwa space yang digunakan untuk menyimpan suatu karakter adalah 4byte atau 32 bit. 
31.  Character Set dan Character Encoding UTF-8
UTF-8 menggunakan sistem variable length encoding dengan basis 8 bit (1 code unit = 8bit), angka ini tercermin pada angka 8 yang berada di belakang UTF.Sistem variable length berarti karakter di encoding menggunakan pola tertentu dengan panjang bit tidak tetap tergantung jenis karakternya, bisa 8, 16, 24 atau 32 bit. 
32.  URL Encoding
     URL hanya dapat dikirim melalui Internet menggunakan set karakter ASCII. Jika URL berisi karakter di luar set ASCII, URL harus dikonversi. Penyandian URL (ENCODE) yaitu mengubah karakter non-ASCII ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui Internet. Enkode URL menggantikan karakter non-ASCII dengan "%" diikuti dengan digit heksadesimal.
33.  Form
     Merupakan salah satu elemen dalam HTML yang digunakan untuk menerima input dari pengunjung. Sintak pemanggilannya  yaitu <form>. 
34.  Form Elemen
     Elemen formulir adalah sebuah ruang diantara tag <form> yang berisikan berbagai jenis elemen masukan seperti bidang teks, kotak centang, tombol radio, tombol kirim, dan banyak lagi. 
35.  Input Type
     Elemen masukan merupakan elemen yang paling penting. Sintak pemanggilannya adalah <input>. Elemen ini dapat mendeklarasikan text, password, tombol, dll. 
36.  Input Atribut
     Merupakan batasan masukan suatu elemen. Didalam input atribut terdapat berbagai jenis antara lain size, value, dll. 
37.  Atribut Nilai
     Atribut nilai menentukan nilai awal untuk bidang input. 
38.  Atribut Read-Only
     Atribut readonly menentukan bahwa field input hanya bisa dibaca (tidak dapat diubah). 
39.  Atribut Disable
     Atribut disable menetapkan bahwa field input dinonaktifkan. Bidang input yang dinonaktifkan tidak dapat digunakan dan tidak dapat diklik, dan nilainya tidak akan dikirim saat mengirimkan formulir. 
40.  Atribut Ukuran
     Atribut ukuran menentukan ukuran (dalam karakter) untuk bidang input. 
41.  Atribut Max-Length
     Atribut maxlength menentukan panjang maksimum yang diizinkan untuk bidang input.

Tentang HTML5

1.     HTML 5
·         HTML (Hyper Text Markup Language) sebuah teknologi penerus dari generasi sebelumnya yang dikeluarkan oleh W3C (Word Wide Web Consortium) dan WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group). dengan tambahan feature- feature baru untuk memperbaiki dan melengkapi dari HTML versi sebelumnya.
·         Fiktur yang di Perbarui HTML 5
Ø  New Semantic Elements : Ini seperti pada elemen <header>, <footer>, and <section>.
Ø  Forms 2.0 : Perbaikan form web HTML di mana atribut baru telah diperkenalkan tag <input>.
Ø  Persistent Local Storage : Untuk menghilangkan ketergantungan pada plugin pihak ketiga.
Ø  WebSocket : Sebuah generasi teknologi terbaru komunikasi dua arah untuk aplikasi web.
Ø  Server-Sent Events : memperkenalkan even yang mengalir dari web server ke web browser yang disebut Server-Sent Events (SSE).
Ø  Canvas : Ini mendukung gambar dua dimensi surface yang dapat diprogram dengan JavaScript.
Ø  Audio & Video : Anda dapat menanamkan/embed audio atau video pada halaman web Anda tanpa menggunakan plugin pihak ketiga.
Ø  Geolocation : Pengunjung dapat memilih untuk berbagi lokasi fisik mereka dengan aplikasi web Anda.
Ø  Microdata : Ini memungkinkan Anda membuat kosakata Anda sendiri di luar HTML5 dan memperluas halaman web Anda dengan kostum semantics.
Ø  Drag and drop : Drag dan drop item dari satu lokasi ke lokasi lain pada halaman web yang sama.
·      Fiktur yang di Hapus
Ø  Acronym : Mendefinisikan akronim / fungsi tag ini kurang lebih sama dengan tag <abbr>
Ø  Applet : Digunakan untuk memasukan file java kedalam dokumen HTML
Ø  Basefont : Membuat atribut teks default, seperti warna, ukuran, jenis font untuk semua teks dalam dokumen
Ø  Big : Memperbesar ukuran teks sebesar satu point dari defaultnya
Ø  Center : Untuk perataan tengah terhadap teks atau gambar
Ø  Dir : Mendefinisikan sebuah daftar direktori
Ø  Font : Mendefinisikan jenis font, warna dan ukuran untuk teks
Ø  Frame : Mendefinisikan frame dalam fremeset
Ø  Frameset : Mendefinisikan satu set frame
Ø  Noframes : Jika browser user tidak mendukung frame
Ø  Strike : Untuk memberi garis tengah pada teks/mencoret teks, fungsi tag ini sama dengan tag <del>
Ø  Tt : Mendefinisikan teletype text 
2.      New Elements dan Semantic Tag
·           Adalah sebutan untuk tag-tag HTML yang memiliki ‘arti‘ atau ‘makna’. Kata semantic berasal dari kata yunani yang berarti ‘mempelajari arti‘ (the study of meaning). 
3.      Elemen <article>
·         Untuk konten eksternal, seperti teks dari artikel-berita, blog, forum, atau konten lain dari sumber eksternal. 
4.      Elemen <aside>
·         Untuk konten selain konten itu ditempatkan di samping konten yang masuk harus berkaitan dengan isi sekitarnya. 
5.      Elemen <bdi>
·         Digunakan untuk mengisolasi diri terhadap arah tulisan yang mungkin berbeda dari element lain di sekitarnya. 
6.      Elemen <detail>
·         Untuk rincian menggambarkan tentang sebuah dokumen, atau bagian dari dokumen. 
7.      Elemen <dialog>
·         Digunakan untuk merepresentasikan kotak dialog yang akan muncul untuk mendapatkan perhatian dan interaksi dengan user. 
8.      ELEMEN <figcaption>
·         Keterangan dari tokoh bagian. 
9.      ELEMEN <figure>
·         Untuk pengelompokan bagian dari konten berdiri sendiri, bisa video. 
10.  ELEMEN <footer>
     Untuk footer dari dokumen atau bagian, dapat meliputi nama penulis, tanggal dokumen, informasi kontak, atau informasi hak cipta. 
11.  ELEMEN <header>

Elemen <header> mewakili penampung untuk konten pengantar atau sekumpulan tautan navigasi. Elemen <header> biasanya berisi satu atau lebih elemen heading (<h1> - <h6>) , logo atau ikon, informasi kepenulisan. Kita dapat memiliki beberapa elemen <header> dalam satu dokumen. Tag <header> tidak dapat ditempatkan di dalam <footer>, <address> atau elemen <header> lainnya.

12.  ELEMEN <main>

Tag <main> menentukan konten utama dokumen. Konten di dalam elemen <utama> harus unik untuk dokumen. Ini tidak boleh berisi konten apa pun yang diulang di seluruh dokumen seperti sidebar, tautan navigasi, informasi hak cipta, logo situs, dan formulir pencarian. Catatan: Tidak boleh ada lebih dari satu elemen <main> dalam dokumen. Elemen <main> TIDAK harus merupakan turunan dari elemen <article>, <aside>, <footer>, <header>, atau <nav>.

13.  ELEMEN <mark>

Tag <mark> mendefinisikan teks yang ditandai. Penggunaan tag <mark> biasanya untuk menandai bagian dari teks.
14.  ELEMEN <meter>

     Tag <meter> menentukan pengukuran skalar dalam rentang yang diketahui, atau nilai pecahan. Ini juga dikenal sebagai pengukur. Contoh: Penggunaan disk, relevansi hasil query, dll. Catatan: Tag <meter> tidak boleh digunakan untuk menunjukkan kemajuan (seperti dalam bilah kemajuan). Untuk bilah progres, gunakan tag <progress>.


15.  ELEMEN <nav>

Tag <nav> mendefinisikan satu set tautan navigasi. Perhatikan bahwa TIDAK semua tautan dari dokumen harus berada di dalam elemen <nav>. Elemen <nav> hanya ditujukan untuk blok utama tautan navigasi. Peramban, seperti pembaca layar untuk pengguna yang dinonaktifkan, dapat menggunakan elemen ini untuk menentukan apakah akan menghilangkan render awal konten ini.

16.  ELEMEN <progress>

Tag <progress> merepresentasikan progres dari suatu tugas. Tag <progress> tidak cocok untuk mewakili pengukur (misalnya penggunaan ruang disk atau relevansi hasil kueri). Untuk mewakili pengukur, gunakan tag <meter> sebagai gantinya.

17.  ELEMEN <selection>

Elemen <select> digunakan untuk membuat daftar drop-down. The <option> tag dalam <pilih> elemen menentukan pilihan yang tersedia dalam daftar.

18.  ELEMEN <time>

Tag <time> menentukan tanggal / waktu yang dapat dibaca manusia. Elemen ini juga dapat digunakan untuk mengkodekan tanggal dan waktu dengan cara yang dapat dibaca oleh mesin sehingga agen pengguna dapat menawarkan untuk menambahkan pengingat ulang tahun atau acara terjadwal ke kalender pengguna, dan mesin pencari dapat menghasilkan hasil pencarian yang lebih cerdas.

19.  ELEMEN <wbr>
Tag <wbr> (Word Break Opportunity) menentukan di mana di dalam teks tidak ada masalah untuk menambahkan baris-break. Saat kata terlalu panjang, dapat menggunakan elemen <wbr> untuk menambahkan peluang jeda kata.

20.  ELEMEN <track>
Tag <track> menentukan track teks untuk elemen media (<audio> dan <video>). Elemen ini digunakan untuk menentukan sub judul, file teks atau file lain yang berisi teks, yang seharusnya terlihat ketika media sedang diputar.


21.  Graphics dan Canvas
    adalah bagian dari HTML5 dan memungkinkan untuk dinamis, skrip render bentuk 2D dan gambar bitmap. Ini adalah tingkat rendah, model prosedural yang update bitmap dan tidak memiliki grafik adegan built-in.

22.  Tentang Canvas
     yaitu elemen yang bisa digambar dengan kode. Canvas terdiri dari suatu daerah dapat ditarik didefinisikan dalam kode HTML dengan atribut tinggi dan atribut lebar. Kode JavaScript dapat mengakses daerah melalui set lengkap menggambar fungsi yang sama dengan yang lainnya API 2D umum, sehingga memungkinkan untuk grafis yang dihasilkan secara dinamis. Beberapa penggunaan diantisipasi canvas mencakup grafik bangunan, animasi, game, dan komposisi gambar. 
23.  Kanvas Gambar
     yaitu text html yang digunakan untuk membuat gambar dengan menggunakan metode drawImage (gambar, x, y). 
24.  Koordinat kanvas

Kanvas HTMLadalah kisi dua dimensi. Sudut kiri atas kanvas memiliki koordinat (0,0). Pada bab sebelumnya, Anda melihat metode ini digunakan: fillRect (0,0150,75). Ini berarti: Mulai dari sudut kiri atas (0,0) dan gambar persegi panjang 150x75 piksel.

25.  Draw Line

Tag <hr> mendefinisikan jeda tematik di halaman HTML (mis., Pergeseran topik). Elemen <hr> digunakan untuk memisahkan konten (atau menentukan perubahan) di halaman HTML.

26.  Draw a Circle
Yaitu text html untuk membuat lingkaran dengan menggunakan metode berikut: beginPath () - memulai jalur. arc (x, y, r, startangle, endangle) - membuat busur / kurva. Untuk membuat lingkaran dengan busur (): Atur mulai sudut ke 0 dan ujung ke 2 * Math.PI. Parameter x dan y menentukan koordinat x dan y dari pusat lingkaran. Parameter r mendefinisikan radius lingkaran.

27.  Canvas Gradient
Gradien dapat digunakan untuk mengisi segi empat, lingkaran, garis, teks, dll. Bentuk pada kanvas tidak terbatas pada warna solid. Ada dua jenis gradien yang berbeda:
·         createLinearGradient ( x, y, x1, y1 ) - menciptakan gradien linier
·         createRadialGradient ( x, y, r, x1, y1, r1 ) - menciptakan gradien radial / melingkar
Setelah kita memiliki objek gradien, kita harus menambahkan dua atau lebih warna berhenti. Metode addColorStop () menentukan warna berhenti, dan posisinya di sepanjang gradien. Posisi Gradien bisa di mana saja antara 0 hingga 1. Untuk menggunakan gradien, atur properti fillStyle atau strokeStyle ke gradien, lalu gambar bentuk (persegi panjang, teks, atau garis)
28.  CreateLinearGradient
     Yaitu text html untuk digunakan pada konten kanvas dibuat secara linier. 
29.  CreateRadialGradient
     Yaitu text html untuk digunakan pada konten kanvas dibuat secara radial/melingkar. 
30.  Canvas Text
     Untuk menggambar teks pada kanvas, properti dan metode yang paling penting adalah:
·         font - mendefinisikan properti font untuk teks
·         fillText (teks, x, y) - menggambar teks "penuh" di kanvas
·         strokeText (teks, x, y) - menggambar teks pada kanvas (tidak ada isian)

31.  CanvasImages
     yaitu text html yang digunakan untuk membuat gambar dengan menggunakan metode drawImage (gambar, x, y). 
32.  SVG
     Merupakan kependekan dari Scalable Vector Graphic.
33.  Apa itu SVG?
     Adalah format gambar yang manggunakan XML (eXtensible Markup Language) sebagai dasar untuk membentuk gambar vector dua dua dimensi.
34.  Membuat Gambar SVG
     Untuk membuat gambar svg diperlukan sebuah software, yaitu adobe illusrator, dengan cara buatlah gambar atau objek lain menggunakan adobe illustrator, setelah selesai maka Save As gambar dan pilih format SVG. 
35.  Contoh SVG Rectangle
     Merupakan sebuah bentuk persegi panjang dengan menentukan tinggi dan lebar persegi Panjang.
36.  Circle
     Merupakan sebuah bentuk lingkaran dengan menentukan koordinat x dan y dari pusat lingkarandiatur ke 0,0 dan atribut r menetukan jari-jari linkaran.
37.  Ellipse
     Merupakan bentuk lonjong, berbeda dengan lingkaran yang sempurna, kordinat x dan y saling berbeda sehingga akan berbentuk lingkaran tdak sempurna.
38.  Line
     Merupakan bentuk garis atau jalur dengan atribut x = awal baris sumbu,y = awal baris sumbu, x = akhir baris sumbu, y = akhir baris sumbu.
39.  Polygon
     Yaitu elemen digunakan untuk membuat grafis yang mempnyai sedikitnya tiga sisi dengan atribut x dan y yang masing-masing mendefinisikan koordinat tersebut.
40.  Polyline
     Elemen ini digunakan untuk membuat bentuk ppaun yang hanya terdiri dari garis-garis lurus dan saling terhubung,.
41.  Path
     Yaitu elemen yang digunakan untuk mendefinisikan jalan, yang mempunyai perintah-perintah antara lain M = MoveTo, L=LineTo, H=LineTo horizontal, V=LineTo vertikal, C= Curveto, Smooth Curveto, Q= quadratic Bézier curve, T= Smooth quadratic Bézier curve, A= Elliptical Arc, Z= Closepath.
42.  Text
     Tag <text> yaitu elemen didalam SVG yang digunakan untuk mendefinisikan text atau kumpulan huruf. Sintak <text> diletakkan diantara sintak <svg>.
43.  Stroke
     Didalam SVG terdapat berbagai macam properti stroke, yaitu antara lain stroke,
stroke-width, stroke-linecap, stroke-dasharray. Semua bentuk stroke tersebut dapat diterapkan untuk semua jenis garis, teks, dan garis besar elemen seperti lingkaran. 
44.  Blur Effect
     Didalam elemen ini, sintak untuk pemanggilan efek blur yaitu adalah <feGaussianBlur>. 
45.  Drop Shadow
     Elemen yang digunakan untuk membuat efek bayangan pada objek. Sintag untuk pemanggilannya adalah <feOffset> yang dapat dipadukan dengan efek lain didalam bayangannya. 
46.  Linear
     Adalah salahsatu dari 2 jenis elemen gradasi warna dalam svg. Gradasi linier merupakan transisi warna dari satu arah sejajar denagn arah selanjutnya & dapat didefinisikan sebagai gradasi horizontal, vertikal atau sudut. Sintak pemanggilannya adalah <linearGradient>. 
47.  Radial
     Adalah salahsatu dari 2 jenis elemen gradasi warna dalam svg. Gradasi radial merupakan gradasi terpusat dalam satu titik didalam satu objek. Sintak pemanggilannya adalah <radialGradient>. 
48.  Google Maps
     Google Maps memungkinkan Anda untuk menampilkan peta di halaman web suatu proyek. Dengan menggunakan API google, pengguna dengan mudah dapat mengaksesnya. 
49.  Media
     Merupakan kependekan dari Multimedia. Multimedia mengatur berbagai format, seperti gambar, video, suara, animasi dll. Sebuah halaman web sering mengandung elemen multimedia dari berbagai jenis dan format. 
50.  Video
     Merupakan elemen pemanggilan atau pemutar video didalam suatu web. Sintak pemanggilannya menggunakan <video>, sebelum html5 ada, sebuah video didalam web hanya dapat diputar dengan sebuah plugin , contohnya flash. 
51.  Audio
     Merupakan elemen pemanggilan atau pemutar audio / suara didalam suatu web. Sintak pemanggilannya menggunakan <audio>, sebelum html5 ada, sebuah audio didalam web hanya dapat diputar dengan sebuah plugin, contohnya flash. 
52.  Plug-ins
     Merupakan pihak ketiga didalam suatu web. Tujuan dari plug-in adalah untuk memperluas fungsionalitas dari suatu browser web. Seperti menampilkan maps, audio, dll.

Latihan Tag HTML5

1.     Elemen


2.     Atribut


3.      Heading

   
4.      PARAGRAPHS

5.      HTML STYLE

6.      HTML FORMATTING


7.      COMMENTS
8.      COLORS
     
9.      LINKS
   
10.  IMAGES
     
11.  TABLES


12.  LISTS
     
13.  UNORDERED LIST
     
14.  ORDERED LIST
     
15.  DEFINITION LIST

16.  NESTED LIST


17.  IFRAMES
    
18.  JAVASCRIPT
   
19.  FILE PATHS
      
20.  HEAD
     
21.  LAYOUT
     
22.  RESPONSIVE
     
23.  COMPUTERCODE


24.  ENTITIES
      
25.  SYMBOL
   
26.  CHARSET
    
27.  Character Set ASCII
28.  Character Set Latin-1 atau ISO/IEC 8859-1


29.  Character Set UTF-16 dan UCS-2
 
30.  Character Set UTF-32 dan UCS-4
31.  Character Set dan Character Encoding UTF-8
32.  URL Encoding
33.  Form
34.  Form Elemen
35.  Input Type
36.  Input Atribut
37.  Atribut Nilai
38.  Atribut Read-Only
39.  Atribut Disable
40.  Atribut Ukuran
41.  Atribut Max-Length
  

Itulah latihan sekaligus contoh dari berbagai tag HTML, selamat mencoba.







0 Response to "Penjelasan Tentang Struktur HTML dan Tag HTML Beserta Contoh dan Penjelasannya"

Posting Komentar